Minggu, 04 Agustus 2013

KEGIATAN PENALARAN MAHASISWA


Optimalisasi Sumberdaya dan Kiat Melaksanakan Kegiatan

Tiga komponen yang berpengaruh dalam kegiatan penalaran
Penentu Kebijakan
Penentu Kebijakan
Kemauan yang kuat dari pimpinan PT
Program PT jelas dan sistematik
Rencana kegiatan terjadwal
Tersedianya sumberdaya dana
Upaya memotivasi dosen dan mahasiswa
Pembentukan Tim Sukses
Pembimbing Penalaran
Proaktif dalam melakukan pembimbingan
Memiliki kreatifitas dan wawasan yang luas
Memiliki kemauan untuk berkolaborasi dengan disiplin ilmu diluar bidangnya
Memperhatikan perubahan aturan/pedoman yang dikeluarkan oleh PT dan DIKTI serta lembaga luar Depdiknas. 
Mahasiswa
Memiliki kemauan untuk bersaing
Memiliki kemampuan untuk menuangkan daya kreasi
Mampu untuk menangkap ide-ide dosen
Diberi kesempatan untuk menggunakan fasilitas-fasilitas di dalam kampus
Diberi kesempatan untuk akses informasi dan berjejaring dengan pihak terkait di luar kampus
Apa itu Kiat?

*Taktik strategi
Kiat dapat diartikan sebagai cara dan upaya yang dilakukan dengan menentukan taktik dan strategi untuk mecapai tujuan yang telah dicanangkan
Optimalisasi perlu dukungan sikap:
Sense of curiousity (Rasa Ingin Tahu)
Need of achievement (Kebutuhan untuk berprestasi)
Capability (Kemampuan_
Expectacy (Harapan)
Spirits of the corps (Esprit de corps = semangat kelompok)
SENSE OF CURIOUSITY
(Dalam Konteks akademik)
(Dalam Konteks akademik)

NEED OF ACHIEVEMENT
Dari dorongan Internal
Dari dorongan eksternal
Perlu dukungan Kemampuan
Perlu dukungan Harapan
Esprit de Corps
Perlu untuk membangun kerjasama
Bukan saya atau kamu tapi “kita”
Team work lebih sukses dari pada kerja individu
Oleh Karena itu perlu Visi dalam menentukan materi untuk diteliti

Kendala-kendala
Terbatasnya dispensasi dan dukungan dari sebagian besar dosen untuk kegiatan lain (penggunaan fasilitas laboratorium, ruangan, sarana fisik, waktu dan dana)
Penghargaan kepada pembimbing masih belum memadai,bahkan di sebagain PT belum ada penghargaan tersebut
Lemahnya akademik atmosfir
Kiat Sukses =
IMPLEMENTASI
1.Pendataan
Tingkat Wilayah
Tingkat Nasional
Tingkat Regional

LOMBA ILMIAH 
DAN 
KOMPETISI
Lomba Karya Tulis Mahasiswa
Pemilihan Mahasiswa Berprestasi
Pengembangan Kreativitas Mahasiswa
Hitachi Young Leader
SIF (Singapore International Foundation)
Lomba Hemat Energi
Implementasi
A.Kegiatan dan Jadwal yang akan dilaksanakan/terprogram:
Berkaitan langsung dg kegiatan terprogram di luar kampus
Tidak terkait langsung dg kegiatan diatas

B. SDM yang berkualitas
Mahasiswa
(1)Rekruitmen : - mahasiswa aktif
B. SDM yang berkualitas
Pembimbing: dosen yang bersedia, mau dan punya waktu
(1)Peningkatan kualitas dan wawasan
(2)Interaksi antar pembimbing
C. Sumberdaya keuangan dan sarana
Alokasi dana yang cukup tercantum dalam APB Perguruan Tinggi
Dukungan untuk kegiatan berupa dana, fasilitas laboratorium, akses perpustakaan dan akses luar kampus
Reward untuk mahasiswa dan dosen yang berprestasi
D. Strategi Lain
Berbagai kegiatan yang mendukung : seminar, diskusi, sosialisasi berbagai kegiatan dan hasil kegiatan
Pemberian penghargaan
E. Monitoring dan Evaluasi
Tim Khusus melakukan monitoring sepanjang tahun
Akhir tahun dievaluasi melibatkan:

Kegiatan penalaran dan jadwalnya

2. Perencanaan dan Pelaksanaan

@ Seminar Ilmiah

@ Pengembangan kelompok diskusi/kelompok penelitian

@ Penelitian non lomba 

(dalam penalaran)

- mahasiswa punya potensi

- komposisi tim

(2) Peningkatan Kualitas:

- Metode penelitian

- Metode penulisan

- Peningkatan wawasan

- Peningkatan motivasi 

(*) Pengakuan : sertifikat publikasi

(*) Pemberian Hadiah: uang, barang

(*) Pembebasan SPP (mahasiswa)

(*) Pemberian SKS (mahasiswa)

(*) Mendampingi tim mhs ke tk Wilayah dan Nasional atas biaya Perguruan Tinggi 

mbimbing

  =*= pemegang kebijakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar