Jumat, 27 September 2013

Langkah Praktis ArcView “Berlatih Menyusun Peta"



Paket penjualan ArcView GIS 3.3 di dalamnya terdapat juga suatu contoh project sebagai latihan pemakai. Pada bagian ini akan dilakukan bagaimana membuat dan mencetak Peta Afrika dari contoh project yang ada. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.     Untuk menjalankan program klik “Start » Programs » ESRI » ArcView GIS 3.X » ArcView 3.X”.
2.     Ketika muncul kotak dialog dengan 3 menu, pilih pilih (klik) ”Open an existing project” selanjutnya tekan OK.
3.     Akan muncul kotak dialog yang menunjukkan folder ”c:\esri\av_gis30\avtutor”. Selanjutnya cari file project tutorial yang bernama ”qstart.apr”. Klik file ”qstart.apr
4.     Selanjutnya akan terlihat jendela (windows) projec. Terdapat 3 view yang bernama ”Atlanta”, ”United States” dan ”World”. Pilih view ”World” dengan mengklik sekali. Kemudian tekan tombol Open.
5.     Akan muncul tampilan view yang bernama”world” yang memuat 5 theme yaitu “River”, “Lakes”, ”Projected population in 2000”, “Life expectancy” dan “ ‘Ocean”.
6.     Perbesar tampilan untuk mendapatkan tampilan benua Áfrika, dengan cara klik toolbar zoom in .
7.     Pada tampilan view sebelah kiri yang berisi beberapa theme, hilangkan tampilan themeProjected Population in 2000” dengan cara klik pada kotak sebelah kiri dari nama theme. Dengan cara yang sama tampilkan themeLife Expectancy”.
8.     Klik Label tool   , kemudian dapat diketahui nama tiap-tiap negara yang kita klik.
9.     Label yang sudah dibuat dapat dipindah, dengan fasilitas pointer tool  .
10.   Untuk memperoleh beberapa informasi pada theme yang aktif dengan cara klik Identify tool  .
11.   Menyiapkan peta untuk dicetak dimulai dari menyiapkan media kerja. Klik menu View dan pilih Layout. Sebagai contoh kita memilih landscape.
12.   Klik OK, ArcView secara otomatis akan membuat sebuah layout peta yang telah disiapkan sebelumnya lengkap dengan judul, legenda, arah utara dan skala grafis.
13.   ArcView secara default, akan menggunakan nama View sebagai judul petanya. Untuk merubahnya gunakan pointer tool  , dobel klik judul tersebut, sehingga muncul kotak dialog text properties, ubah judulnya menjadi “Afrika”.
14.   Klik OK, maka judul peta akan berubah. Untuk merubah posisi judul, klik pointer tool   , selanjutnya klik sekali pada label yang anda inginkan dan akan muncul tanda aktif berupa empat kotak kecil di tiap pojok label. Drag (klik terus pada label tersebut) dan pindahkan ke tempat yang anda inginkan.
15.   Untuk mencetak peta yang telah selesai layout-nya, klik menu File, pilih Print Setup. Pada kotak orientation, klik/pilih Landscape, kemudian klik OK.
16.   Selanjutnya anda menyiapkan printer yang ada, kemudian dapat mencetak dengan klik print button .
17.   Apabila hasil akhir dikehendaki dalam bentuk file, anda dapat menyalinnya kedalam berbagai format file. Caranya klik menu File pilih Export, berikan nama dan pilih lokasi anda menyimpan serta jangan lupa untuk memilih format file pada kotak kiri bawah, kemudian klik OK. Anda telah berhasil membuat peta dari program ArcView.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar