4.1 TUJUAN
Mahasiswa mengetahui luas lahan yang tersedia
dilapangan untuk dapat mengukur dan mengetahui
kebutuhan luas lahan untuk fasilitas pendidikan.
4.2
ALAT DAN BAHAN
1. Alat Tulis
2. Data Statistik
3. Kalkulator/Application tool
(microsoft exel)
4. PC (Personal Computer)
4.3 DASAR TEORI
Penduduk yang bertambah banyak
secara otomatis akan membutuhkan lahan yang semakin meningkat, akan tetapi
lahan sifatnya terbatas, yaki tidak dapat bertambah ataupun berkurang.
Kebutuhan akan lahan sangatlah penting bagi setiap makhluk hidup karena
lahan merupakan bagian dari permukiman bumi yang mempunyai karakter dan fungsi
tertentu yang luas dengan berbagai macam kekayaan yang terkandung didalamnya.
Lahan dapat diartikan Land Settlement
yaitu suatu tempat atau daerah dimana penduduk berkumpul dan hidup bersama,
dimana mereka dapat menggunakan lingkungan setempat untuk mempertahankan,
melangsungkan dan mengembangkan hidupnya (Bintarto).
4.4 LANGKAH KERJA
1.Gunakan data yang dibutuhkan
2.Data luas lahan yang ada untuk menghitung kebutuhan
luas lahan pendidikan
3.Carilah tingkat kebutuhan fasilitas dengan
rumus
4.Carilah tingkat pemenuhan kebutuhan Luas
Lahan untuk pendidikan
4.Analisislah hasil perhitungan tersebut
4.5 HASIL DAN PEMBAHASAN
(Terlampir)
4.6 KESIMPULAN
Luas lahan adalah salah satu faktor
penentu fasilitas atau gedung pendidikan dapat dibangun ataupun tidak.
Khususnya wilayah di tiap kecamatan boyolali pada tahun 2000 memiliki
kharakteristik pemenuhan luas lahan pendidikan yang terpenuhi dan juga tidak terpenuhi.
Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya
jumlah penduduk, banyaknya penggunaan lahan ataupun tata ruang yang fungsinya
tidak untuk pemenuhan fasilitas pendidikan, serta adanya persebaran penduduk
yang tidak merata, hal yang paling mendasar adalah satu kasus dimana
kemungkinan penduduk usia sekolah yang bersekolah bukan pada wilayah aslinya.
Contoh, beberapa siswa di kecamatan Banyudono yang lebih memilih bersekolah di
kecamatan Boyolali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar