Jumat, 27 September 2013

PERAN LEMBAGA MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN KARYA ILMIAH



PENDAHULUAN

            Lembaga mahasiswa merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan perguruan tinggi. Keberadaannya mempunyai arti penting sebagai wadah interaksi mahasiswa sesuai dengan minat masing-masing.
            Harapan yang dibebankan kepada lembaga kemahasiswaan adalah dapat mendukung pembentukan pribadi mahasiswa dengan kapasitas intelektual dan sensitifitas sosial. Pribadi mahasiswa yang demikian ini adalah pribadi yang mengedepankan nilai-nilai kebenaran dengan kemampuan pengatasi masalah (problem solving) tanpa meninggalkan nilai etika dan hirarki organisasi.
            Salah satu bagian dari bidang garapan lembaga mahasiswa adalah karya ilmiah baik itu yang sifatnya diperlombakan maupun yang tidak diperlombakan. Karya ilmiah merupakan produk tertulis yang dapat disertai model, disusun dengan pendekatan dan sistematika ilmiah untuk menjawab atau menyelesaikan permasalahan yang ada.
           
TUGAS UTAMA MAHASISWA : INTERNALISASI PENDIDIKAN
            Mahasiswa adalah subyek pendidikan di perguruan tinggi dalam rangka meraih kompetensi ilmu melalui proses belajar mengajar baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Tuntutan utama yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah mencapai gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu yang diselenggarakan di program studinya.
            Kompetensi diri dibentuk oleh aspek ketrampilan keilmuan (basic / hard skill) dan aspek pengembangan diri (soft skill). Ketrampilan ilmu meliputi pengetahuan ilmu dan penguasaan teknologi. Hal ini membentuk pola pikir dan kemampuan analisis yang diperlukan dalam memperkuat eksistensi diri.
            Eksistensi diri dijembatani oleh ketrampilan pengembangan. Ketrampilan pengembangan meliputi ketrampilan internal dalam memperkaya kemampuan diri dan ketrampilan eksternal dalam berinteraksi dengan orang/lembaga lain.

            Peran pengembangan kompetensi diri, selain dilaksanakan oleh program studi, dilakukan melalui lembaga kemahasiswaan. Lembaga kemahasiswaan memiliki komponen dan jaringan dalam mengembangkan kegiatan karya ilmiah mahasiswa.
            Struktur lembaga mahasiswa telah mengakomodasi hal ini. Tidak saja melalui bidang/departemen penalaran, diskus, maupun penelitian, namun juga melalui bidang/departemen lainnya baik itu minat bakat/seni olah raga dan kesejahteraan mahasiswa/sosial ekonomi mahasiswa.
            Karya ilmiah yang „bertebaran“ saat ini melulu didominasi oleh mahasiswa dengan minat pada keilmuannya saja. Namun, belum banyak dikembangkan struktur maupun alat kelembagaan mahasiswa dipergunakan sebagai alat pengembangan karya ilmiah mahasiswa.
            Sebagai ilustrasi, pengembangan karya ilmiah dengan perencanaan dan pola keberlanjutan pada suatu perguruan tinggi hanya akan dapat berjalan bila adanya gerakan atau aktivitas nyata dari mahasiswa. Gerakan mahasiswa akan mempengaruhi pada pola kegiatan dan pengembangan yang ditangani oleh Pembimbing Kemahasiswaan baik di tingkat fakultas maupun universitas.

MENJALANKAN PERAN LEMBAGA KEMAHASISWAAN DLM KARYA ILMIAH : MULAILAH DENGAN PERENCANAAN
            Kecenderungan (tren) kegiatan penyusunan karya ilmiah diarahkan pada penerapan hasil atau produk kepada masyarakat. Hal ini dimulai dengan menulis kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dari bidang atau departemen yang ada disusun menjadi satu artikel ilmiah.
            Kemampuan lembaga mahasiswa untuk membentuk komunitas peminat karya ilmiah menjadi satu piranti lunak dalam tubuh mahasiswa (è leadership). Terbentuknya komunitas akan membawa atmosfer yang mempunyai efek sebaran dan keberlanjutan.
            Hal tersebut menuntut adanya kemampuan perencanaan yang dilandasi oleh kemampuan melakukan evaluasi terhadap sumberdaya yang dimiliki. Hasil perencanaan tersebut dijabarkan dalam tahapan kegiatan yang harus dilakukan sehingga operasional dalam pelaksanaannya.
            Komunitas harus mampu menggunakan alat-alat lembaga menggerakkan budaya ilmiah (membaca dan menulis) pada setiap kegiatan yang diselenggarakan. Untuk menampung ini Direktorat Jenderal DIKTI DEPDIKNAS telah menyediakan wadah kompetisi bagi tulisan tersebut (LKTM/PKM) sebagai salah satu bentuk evaluasi dari kualitas produk ilmiah yang dihasilkan. Tentu saja lembaga kemahasiswaaan sendiri harus memiliki kemampuan evaluasi sendiri sebagai bahan dalam menyusun rencana kegiatan periode berikutnya.

DAMPAK PERAN LEMBAGA PADA PENGEMBANGAN KARYA ILMIAH
  1. Iklim akadmeik tercipta sehingga mhs semakin mudah memahami materi / praktik Proses belajar mengajar
  2. Kegiatan lembaga menjadi terarah è berdasarkan kajian dan mempunyai tujuan jelas
  3. Terbentuk kompetensi mahasiswa

PENELITIAN SEBAGAI AKTIVITAS ILMU
                        Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan mempunyai kapasitas sebagai wadah penggodokan bagi lulusan yang mempunyai kemampuan dalam bidang ilmunya dan dapat melakukan aplikasi keilmuannya. Dinamika dalam keilmuan merupakan dinamika akibat dari perkembangan dinamika masyarakat yang menuntut semakin beragamnya permasalahan yang harus diselesaikan. Bahkan dengan fenomena yang ada sekarang ini adalah munculnya beragam cabang ilmu baru akibat perkembangan keilmuan yang ada.
            Melalui kegiatan penelitian maka ilmu terus mengembangkan dirinya. Makna penelitian yang dimaksud sama dengan makna yang dikandung dalam kata riset. Kata riset sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris, yaitu research. Kata research terdiri atas dua bagian. Re = ulang;kembali sedangkan search = pencarian;mencari.
            Makna dari kata penelitian atau riset secara sederhana berarti suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari kembali atau secara berulang-ulang. Dalam hal ini kita telah mengetahui bahwa salah satu sifat utama penelitian adalah sifat verifikatif (dapat dikaji ulang).
Mahasiswa sebagai bagian dari sivitas akademika mempunyai tugas yang sama dalam kewajiban pemahaman ilmunya. Tidak lepas pula dalam upaya pengembangan keilmuan yang ditekuninya. Penelitian yang dilakukan mahasiswa adalah kegiatan penelitian yang mempunyai tingkat urgenitas sama dengan penelitian yang dilakukan oleh staf pengajar perguruan tinggi maupun staf peneliti di lembaga penelitian. Keunggulan yang dimiliki mahasiswa dalam melakukan penelitian adalah adanya sikap berpikir jernih tanpa adanya unsur kepentingan bagi individu maupun kelompok lainnya.
Penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis untuk menjawab masalah yang ada sehingga berguna bagi ilmu pengetahuan atau diaplikasikan bagi kepentingan pembangunan dan masyarakat secara bertanggung jawab.
            Kegunaan penelitian secara keilmuan adalah mengembangkan ilmu yang dimiliki sehingga dapat memunculkan cabang ilmu baru ataupun pemahaman baru tentang suatu bagian kajian dari ilmu tersebut. Bila penelitian dilaksanakan dengan dasar suatu dasar teori atau penemuan dari suatu (cabang) ilmu maka diharapkan akan ditemukan kebenaran atau kesesuaian antara teori yang dipergunakan dalam penelitian dengan kenyataan yang dikenai aplikasi dalam penelitian tersebut.
            Aplikasi ilmu melalui penelitian tidak terlepas dari koridor ruang lingkup ilmu itu sendiri. Ruang lingkup dari suatu ilmu dapat kita lihat batasannya dengan mengetahui dasar ilmu yang kita geluti tersebut.
Ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang terstruktur dan sistematis. Bila ditinjau dari filsafat ilmu maka sesuatu kumpulan pengetahuan dapat dikatakan sebagai ilmu bila memenuhi dua syarat obyek, yaitu obyek material dan obyek formal.
Persyaratan obyek material ilmu yang dimaksud adalah membatasi secara jelas materi atau fenomena yang menjadi obyek kajian ilmu itu. Misalnya geografi, geologi, dan geodesi memiliki obyek material yang sama, yaitu bumi. Sedangkan kedokteran dan psikologi memiliki obyek material yang sama pula, yaitu kesehatan manusia. Bagaimana dengan ilmu ekonomi ?
            Persyaratan obyek formal ilmu yang dimaksud adalah membatasi secara jelas cara atau pendekatan mengkaji obyek material dari ilmu itu. Misalnya geografi mempunyai tiga pendekatan, yaitu spatial, ecology, dan regional complex. Sedangkan geologi memiliki pendekatan stratigrafi dan chronology. Bagaimana dengan ilmu ekonomi ?
            Pemahaman yang mendalam (bahkan pada level penguasaan advanced) sangat mutlak harus dimiliki bagi peneliti sebelum melakukan kajian melalui penelitian-penelitiannya. Bagaimana mungkin seorang atau sekelompok mampu melakukan kajian bila dia/mereka belum tahu mengenai alat-alat yang ada dalam ilmu yang akan digunakan sebagai dasar maupun alat kajian dalam penelitiannya ?

KEGUNAAN PENELITIAN BAGI MAHASISWA
            Penelitian yang dilakukan mahasiswa akan memberikan dampak yang sangat banyak dan beragam (multiplier effect). Secara keseluruhan, saya memilih kalimat bahwa PENELITIAN MERUPAKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG PALING EFEKTIF BAGI MAHASISWA untuk menunjukkan besarnya manfaat penelitian bagi mahasiswa.
Melalui penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa, akan diperoloeh beberapa manfaat sebagaimana berikut :
Ø  Pemahaman bidang ilmu
Ø  Pengalaman mengkaji beberapa metode
Ø  Menyusun daya nalar dan logika
Ø  Berlatih melakukan inventarisasi dan manajemen sumberdaya
Ø  Membentuk perilaku Sosial dengan dihadapkan pada berbagai konflik manajerial maupun interpersonal.

PENELITIAN MAHASISWA
Tipe-tipe penelitian yang ada dapat diklasifikasikan, salah satunya, dengan mengikuti berikut ini :
         Eksplorasi, penelitian yang bersifat melakukan inventarisasi sifat, karakteristik dan permasalahan yang ada pada obyek ataupun fenomena yang menjadi kajian penelitian.
         Eksplanasi, peneilitian ini telah bersifat deskripsi dari obyek ataupun fenomena yang menjadi obyek kajian penelitian sehingga dapat aspek-aspek yang diketahui menjadi faktor utama bagi obyek atau fenomena tersebut.
         Korelasi, penelitian ini bersifat mencoba menghubungkan obyek atau fenomena dengan aspek diluar obyek/fenomena sebagai aspek yang mempunyai kaitan ataupun saling pengaruhnya.
         Inovasi, penelitian ini bersifat melakukan penggabungan (kompilasi) cara atau teknik atau metode untuk mengatasi suatu masalah.

BAGAIMANA MEMULAI ?
            Bagi anda yang baru akan memulai aktif dalam penelitian mahasiswa, meskipun ini hanya sebagai salah satu bentuk, dapat mengikuti tata alur berikut :
  1. Kuasai basis ilmunya.
  2. Definisikan dengan jelas permasalahan dalam penelitian.
  3. Pastikan sumberdaya pendukung tersedia.
  4. Jangan pernah berhenti bertanya.
  5. Kekuatan semangat dan mental baja adalah modal


Apa yang dimaksud dalam Basis ilmu adalah :
         Obyek material à cakupan, rentang, dimensi, dll
         Obyek formal à pendekatan keilmuan
         Metode yang dipergunakan dalam ilmu tersebut
         Teknik yang dipergunakan dalam ilmu tersebut

Hal yang selalu menjadi beban pada awal penelitian adalah bagaimana menentukan masalah yang akan dikaji dalam penelitian tersebut. Sebetulnya apakah yang dimaksud dengan masalah ? Kapan dapat dikatakan ada masalah ? Terdapat tidaknya MASALAH dapat dilihat dari beberapa kondisi :
            - ketidaksesuaian fakta dengan harapan
            - ketidaksesuaian fakta dengan  teori
            - ketidaktahuan tentang sesuatu
            - keinginan untuk optimalisasi
            - kebutuhan untuk maksimalisasi
Bagaimana menemukan masalah ?
  1. Pertanyaan yang muncul dalam penelitian menunjukkan adanya kekuranglengkapan pengetahuan terhadap obyek atau fenomena tersebut.
  2. Kita bisa melihat adaya masalah bila sudah (sedikit) tahu tentang materi yang akan diteliti.
  3. Apakah semua masalah layak diteliti ?
            à perhatikan sumberdaya, etika, dan   dampaknya.
  1. Perkayalah diri anda dengan materi dari berbagai sumber
            - buku
            - diskusi
            - media massa
            - internet

PENUTUP
Kemauan mahasiswa untuk memulai penelitian merupakan suatu starting point bagi kita dalam membentuk mahasiswa yang berkualitas. Ada dua penyemangat yang berguna bagi kita semua dalam menjaga semangat tersebut :
-  Success never comes to the indolence!
- Tetaplah berjalan selagi yang lain terlelap, niscaya kau akan berada jauh
              di depan saat mereka terjaga !
Semoga anda dapat segera menjadi salah satu kompetitor yang berkualitas dalam waktu dekat ini ! Amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar