Sabtu, 23 Juni 2012

ananiah


Dalam pergaulan hidup sehari-hari sering kita jumpai sifat ananiah, baik pada diri remaja maupun orang dewasa. Setiap orang tidak menyukai ananiah karena merupakan sifat buruk bagi seorang muslim.
1.       Pengertian ananiah
Kata ananiaj berasal dari bahasa arab…. Yang berarti aku. Ananiah berarti sebangsa aku atau keakuan. Secara istilah, ananiah berarti sikap keakuan, sikap mementingkan diri sendiri, kurang memerhatikan orang lain. Dalam bahasa Indonesia, sikap seperti itu di sebut egois. Sikap ananiah terkait erat dengan sikap takabur. Dalam kehidupan sehari-hari sikap naniah sering kita jumpai baik pada diri remaja maupun orang dewasa. Sudah barang tentu sikap ananiah tidak di sukai dalam oergaulan karena cenderung meremehkan atau tidak menghargai orang lain.
2.       Bentuk ananiah
Ananiah dapat di wujudkan dalam berbagai bentuk. Berikut adalah contoh bentuk ananiah yang biasa kita jumpai sehari-hari, antara lain?
a.       Selalu ingin menang dalam pembicaraan bersama teman,
b.      Kurang menghargai pendapat orang lain
c.       Menonjolkan kemampuan diri di hadapan sesame manusia
d.      Susah meneruma saran dan/ kritik dari orang lain.
3.       Larangan bersikap ananiah
Islam melarang umatnya bersikap ananiah dan mendidik umatnya agar pandai- pandai menghormati orang lain sebagaimana wajarny. Aisyah berkata sebagai brikut.
Hadist
Rasullullah SAW menyuruh kita agar kita menghormati manusia (orang lain) sesuai dengan kedudukanya. (HR.Muslim dari Aisyah)
Di riwayatkan pula bahwa rasulullah bersabda sebagai berikut.
Hadist
Tidaklah seorang anak muda yang memuliakan orang tuanya, melainkan allah akan mengadakan baginya orang yang memuliakan dia setelah tuanya. (HR. at-tarmidzi)
Apabila kita sebagai generasi muda mau menghrmati yang tua, insaallah kelak (setelah tua) akan di hormati pula oleh yang muda. Dengan demikian hadist ini sebagai motifasi bagi kita untuk menghormati orang lain (terutama yang lebih tua).
Walaupun pada hadis di atas di katakana menghormati yang tua karena ketuaanya, bukan berarti bahwa selain orang tua tidak di hormati. Semua wajib di hormati sebagai mana diri kita ingin di hormati. Salah satu bentuk menghormati orang lain ialah menjaga diriagar tidak bersikap ananiah atau egois.
4.       Dampak negative ananiah
Setiap larangan agama pasti berdampak negative apabila di langgar. Sifat dan sikap ananiah, putus asa, godap, tamak, dan takabur adala sifat yang di larang agama. Oleh sebap itu, orang yang memiliki sifat dan sikap tersebut pasti berdampak negative. Adapun dampak negative ananiah akan di rasakan pelakunya sendiri, antara lain.
a.       Tidak disukai  dalam pergaulan karena dia meremehkan orang lain.
b.      Menurunkan martabatnya sehingga lambat laun tidak di sukai orang
c.       Terisolir dari pergaulan masyarakat dan lingkunganya.
5.       Menghindari sifat ananiah
Menghindari sifat ananiah terkadang tidak mudah karena sudah menjadi watak. Namun demikian, apabila ada kemauan yang sungguhsungguh niscaya akan mendapatkan hasilnya juga. Adapun cara untuk menghilangkan sifat ananiah,antara lain.
a.       Mengendalikan diri untuk tidak selalu menang dalam pembicaraan.
b.      Tidak mengganggap bahwa pendapatnya sendiri yang paling benar.
Belajar menghargai orang lain sebagaimana dirinya ingin di hargai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar