Sabtu, 23 Juni 2012

putus asa


Banyakorang yang tampak murung karena kegagalan usah yang di jalankan. Orang yang demikian dikatakan putus asa.
1.       Pengertian putus asa
Putus asa berarti habis harapan, tidak ada harapan lagi. Seseorang di katakana putus asa apabila tidak lagi mempunyai harapan tentang sesuatu yang semula hendak di capai.
Penyebap seseorang putus asa biasanya karena terjadinya kegagalan yang berulang kali dalam mencapai cita-cita atau pengharapan sesuatu. Sebenarnya penyebap seseorang putus asa bukanlah persoalan yang di hadapi semata-mata, melainkan cara mensikapi persoalan tersebut.
2.       Bentuk putus asa
Putus asa di alami seseorang dapat tercermin dalam sikap, antara lain.
a.       Bermalas-malasan setelah mengalami kegagalan dalam suatu usaha
b.      Tidak bersemangat untuk meneruskan usahanya yang gagal.
c.       Tampak murung dan tidak memiliki gairah untuk berusaha lagi.
d.      Mudah terpancing emosinya sehingga cepat marah walaupun dengan sebap yang kecil saja.
3.       Larangan berputus asa
Orang putus asa berarti kehilangan gairah dan semangat untuk mencapai sesuatu yang semula di harapkan. Putus asa biasanya diikuti dengan sikap masa bodoh, tidak mau lagi berusaha. Islam mendidik umatnya agar tidak putus asa dari rahmat allah. Sebagaimana firman allah sebaga berikut.
Ayat
Dan janganlah kamu beputus asa dari rahmat allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat allah, hanyalah orang-orang kafir (QS. Yusuf 12:87)
Walaupun ayat di atas berkaitan dengan sejarah nabi yusuf as namun dapat di ambil pengertian secara umum bahwa setiap muslim hendaknya tidak putus asa dalam menghadapi masalah apapun.
4.       Dampak negative puus asa
Karena putus asa termasuk akhlak mazmummah, maka dampaknya mat negative bagi diri sendiri dan keluarga. Adapaun dampak negative putus asa antara lain.
a.       Merugikan diri sendiri karena membuang waktu dan energy yang sebenarnya dimiliki.
b.      Susah untuk mencapai kemajuan karena tidakberani berbuat, khawatir menanggung kegagalan lagi.
c.       Telahterkena sifat-sifat kafir karena putus asa dari rahmat allah.
5.       Menghindarkan diri dari putus asa
Setiap muslimin dan muslimat harus menghindarkan diri dari sifat putus asa. Cara untuk menghindarka diri dari putus asa antara lain.
a.       Merenungi kegagalan yang di alami orang lain sehingga dapat memperoleh perbandingan dari pengalaman pahit orang lain.
b.      Selalu yakin bahwa allah akan memberi jalan keluar atas persoalan yang di hadapi apabila diririnya dekat dengan allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar