Sabtu, 23 Juni 2012

tamak


Banyak kita jumpai oaring yang berbuat tamak untuk memiliki harta yang banyak agar sejahtera hidupnya. Karena besarnya sifat tamak, maka terkadang nekat berbuat sesuatu yang melanggar norma agama dan asusila.
1.       Pengertian tamak
Kata tamak berasal dari bahasa arab…..
Berarti loba, tamak, dan rakus. Secara istilah tamak berarti terlampau besar nafsunya terhadap keduniaan, misalnya terhadap kekayaan hartabenda. Orang yang terlalu besar nafsunya untuk memiliki harta mencurahkan pikiran dan tenaga agar hartanya semakin banyak. Urusan social kemasyarakatan kurang mendapatkan perhatian. Sikap seperti ini amat tercela dalam pandangan agama maupun sesame manusia.
2.       Cirri-ciri tamak
Orang yang tamak mempunyai cirri-ciri,antara lain.
a.       Giat melakukan sesuatu apabila diperkirakan akan memperoleh hasil.
b.      Enggan memerlukan sesuatu yang sekiranya memerlukan biaya.
c.       Enggan mengeluarkan harta yang dimiliki untuk keperluan agama dan kemanusiaan.
d.      Menghabiskan waktunya untuk mengumpulkan kekayaan.
e.      Mau menerima, tapi enggan memberikan sesuatu pada pihak lain.
3.       Larangan memiliki sifat tamak
Islam mendidik umatnya agar tidak tamak terhadap keduniaan. Allah mencipta dunia ini sebagai sarana untuk kehidupan manusia. Tanpa harta manusia susah hidupnya, namun dengan harta pula manusia dapat celaka (apabila tidak hati-hati dalam menggunakanya. Larangan untuk tidak bersikap tamak terungkap dalam firman allah berikut ini.
Ayat
Ketahuilah sesungguhnya hehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbanggadiantara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanamanaya mengagumkan para petani, kemudian tanaman Itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya menjadi kuning dan kemudian hancur. Dan di akherat nanti ada azab yang keras dan ampunan dari allah serta keridhaanya. Dan  kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu (al-hadid/57:20).
Ayat di atas menjelaskan bahwa hidup di dunia hanya seperti orang yang asik dalam permainan, berbangga-bangga kekayaan dan anak, seperti petani yang mengagimi tanamanya, tetapi tanaman tersebut kemudian hancur. Penjelasan tersebut berisi larangan secara halus agar manusia tidak terlalu tamak terhadap keduniaaan.
4.       Dampak negative tamak
Sifat tamak berdampak negative. Dampak negative tamak antara lain.
a.       Mudah terjerumus kedalam kehidupan yang sesat karena keduniaan.
b.      Tercela dalam pandangan sesame manusia karena biasanya orang yang tsmsk cendering bakhil.
c.       Jauh dari petunjuk agama karena waktunya habis untuk memkirkan harta.
5.       Menghindarkan diri dari sifat tamak
Menghindarkan diri dari sifat tamak berarti berusaha memiliki sifat qonaah. Adapaun upaya untuk menghindari sifat tamak antara lain.
a.       Sering memperhatikan kehidupan orang yang di bawahnya (orang yang lebih miskin dari pada dirinya) agar dapat mensukuri nikmat yang di terima dari allah SWT.
b.      Mengurangi perhatianya terhadap orang-orang yang di atasnya (yang lebih kaya darinya) agar tidak terpengaruh olehnya.

1 komentar: