Senin, 24 Desember 2012

IDENTITAS NASIONAL


Identitas nasional adalah ciri-ciri atau jatidiri nasional, atau identik dengan kepribadian nasional. Identitas suatu bangsa dengan bangsa lain berbeda, karena perbedaan latarbelakang sejarah, kebudayaan, geografi, dan sebagainya.
historis 2 Faktor:
Wibisono Koento (2005)
Identitas nasional adalah “manivestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa (nation) dengan ciri-ciri khas dan dengan ciri-ciri yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya
Robert de Ventos (Chamim,2003)
à munculnya identitas nasional disebabkan hasil interaksi historis antara empat faktor
Klasifikasi :
B. Parameter Identitas Nasional
1.Identitas nasional menggambarkan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas masyarakat sehari-harinya. Identitas ini menyangkut adat istiadat, tata kelakuan dan kebiasaan, ramah tamah, hormat kepada orang lain dan gotong royong merupakan salah satu identitas nasional yang bersumber dari adat-istiadat dan tata kelakuan
2.Lambang-lambang yang merupakan ciri dari bangsa dan secara simbolis menggambarkan tujuan dan fungsi bangsa. Lambang-lambang negara ini biasanya dinyatakan dalam undang-undang seperti Garuda Pancasila, bendera, bahasa dan lagu kebangsaan
3.Alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan, seperti bangunan, teknologi dan peralatan manusia. Identitas yang berasal dari alat perlengkapan ini seperti bangunan yang merupakan tempat ibadah (borobudur, prambanan, masjid dan gereja), peralatan manusia (pakean adat, teknologi bercocok tanam), dan teknologi (pesawat terbang, kapal laut, dll).
4.Tujuan yang ingin dicapai suatu bangsa. Identitas bersumber dari tujuan ini bersifat dinamis dan tidak tetap seperti budaya unggul, prestasi dalam bidang tertentu. Seperti di Indonesia dikenal dengan bulu tangkis.
C. Unsur Pembentuk Identitas Nasional1.Sejarah: BI mengalami kehidupan alam beberapa situasi dan kondisi sosial yang berbeda sesuai perubahan jaman. Secara ekonomis dan politik pernah mencapai kejayaan di wilayah Asia Tenggara. Dimana kekuasaan NKRI hingga Filipina, Singapura, Malaysia, Tailand, terutama dalam pemerintahan Majapahit dan Sriwijaya.
2.Kebudayaan : yang menjadi unsur pembentuk identitas nasional adalah meliputi 1)akal budi, 2)peradaban, 3)pengetahuan
3.Budaya unggul yakni semangat dan kultur kita untuk mencapai kemajuan dg cara “kita harus bisa, kita harus berbuat terbaik, kalau orang lain bisa mengapa kita tidak bisa”
4.Suku bangsa yakni adanya suku bangsa yang majemuk yakni ±300 suku bangsa, ±260 juta jiwa (50% etnis jawa).
5.Agama yakni masyarakat agamis dan memiliki hubungan antarumat seagama dan antarumat agama yang rukun.
6.Bahasa, adalah satu atribut bangsa disamping sebagai identitas nasional sebagai bahasa penghubung (lingua franca) ditetapkan 1928.
nah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar