Selasa, 25 Desember 2012

PENDEKATAN MORFOLOGI PERKOTAAN


Dari berbagai teoritis yang ada, secara umum perancangan kota dapat dibagi menjadi dua kelompok pendekatan yang saling berkaitan yaitu :
1.pendekatan kota sebagai proses
2.Pendekatan perancangan Kota sebagai proses perencanaan berhirarkis dengan melibatkan aspek-aspek perencanaan seperti analisis proses ekologi berkaitan dengan fisik, sosial-budaya, ekonomi, transportasi dan kebijaksanaan

Abstrak

Sedangkan pendekatan perancangan kota sebagai produk lebih memfokuskan diri pada produk desain massa dan ruang perkotaan. Pendekatan ini kemudian lebih banyak disebut sebagai morfologi kota. Meskipun demikian dalam pemahaman morfologi kota, perancang tidak dapat melepaskan diri dari pendekatan kota sebagai proses. Tulisan ini mencoba memaparkan lebih lanjut morfologi sebagai sebuah pendekatan meliputi pencarian argumentasi kebutuhan kajian morfologis, pemahaman istilah, dan ruang lingkup kajian morfologi kota

Rancangan Bentuk Fisik Kota, meliputi :

Singularity

Continuity

Simplicity

Dominance

Clarity of joint

Visual scope

Directional differentiation

Motion Awarenness

PEMBAHASAN

alasan mengapa kita perlu berbicara tentang morfologi Kota :

karena sejalan dengan semakin kompleks kehidupan kota muncul masalah bentukan fisik kota, dan

karena tuntutan tujuan perancangan kota itu sendiri yang mengharapkan terciptanya kualitas lingkungan fisik

Pengertian Morfologi dan Kota

Morfologi terdiri dari dua suka kata yaitu:

morf yang berarti bentuk,

dan logos yang berarti ilmu

Secara sederhana morfologi kota berarti ilmu yang mempelajari produk bentuk-bentuk fisik kota secara logis

pendekatan morfologi, kota dapat didefinisikan sebagai berikut :

Menurut Kostof bahwa kota adalah tempat kumpulan bangunan dan manusia.

Menurut Sandi Siregar, kota adalah artifak yang dihuni.

Menurut E.N. Bacon, bahwa kota adalah artikulasi ruang yang memberikan suatu pengalaman ruang tertentu kepada partisipator.

Menurut Ali Madanipour, bahwa kota adalah kumpulan berbagai bangunan dan artefak (a collection of buildings and artefact) serta tempat untuk berhubungan sosial (a site for social relationships).

Menurut Also Rossi, bahwa kota adalah karya kolektif.

Menurut Paul D. Spereiregen, juga menekankan pada pengertian kota sebagai bentukan fisik yang secara keseluruhan saling mengisi satu sama lainnya dan membentuk satu kesatuan penampilan kota.
Kota menurut Gallion and Eisner(1992 : 64), adalah suatu laboratorium tempat pencarian kebebasan dilaksanakan dan percobaan-percobaan diuji mengenai bentukan-bentukan fisik.

Ruang Lingkup Kajian Morfologi

Sedangkan Menurut Herbert22 lingkup kajian morpologi kota ditekankan pada bentuk bentuk fisikal dari lingkungan kekotaan yang dapat diamati dari kenampakannya meliputi unsur :
1.sistem jalan-jalan yang ada
2.Blok-blok bangunan baik daerah hunian ataupun bukan (perdagangan/industri
3.bangunan-bangunan individual

Sedang-kan smailes23 menekankan lingkup kajian morfologi meliputi
1.penggunaan
2.lahan (land use)
3.pola-pola jalan (street)
4.tipe-tipe bangunan

Dari sinilah pertama kalinya muncul istilah Townscape

Contoh landuse, tata jalan dan bangunan sebagai unsur morfologi kota

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus